Kamis, 24 Mei 2012

Manusia dan tanggung jawab nya

Manusia pasti suatu saat mengalami dimana dia harus bertanggung jawab. Tanggung jawab disini merupakan suatu keadaan yang harus ditanggung oleh manusia itu, entah dalam hal apa disana manusia akan melakukan sesuatu demi menanggungnya.
Tanggung jawab sendiri terdapat beberapa jenis yang artinya tidak hanya dalam satu hal, berikut ini macam-macam tanggung jawab :
1.       Tanggung jawab kepada tuhan
Sebagai manusia tentu kita hidup didunia ini memiliki alasan, yaitu untuk melaksanakan tugas yang diberikan oleh tuhan. Untuk itu kita bertanggung jawab atas terlaksananya tugas itu, bila kita tidak mengerjakannya maka hukuman akan menjadi gantinya. Setiap agama berbeda namun sama halnya mereka harus melaksanakan tugas yang diberikan oleh tuhannya


2.       Tanggung jawab kepada diri sendiri
Yaitu tanggungan yang di tujukan pada diri sendiri dimana suatu keadaan seorang manusia harus menjaga dirinya, dan diwajibkan untuk melaksanakan semua tanggungan yang ditangguhkan kepadanya.
3.       Tanggung jawab kepada keluarga
Disini contoh nya sudah sangat jelas yaitu sepasang suami istri yang memiliki tanggungan terhadap jalinan hubungan dikeluarganya, seorang ayah pasti harus menanggung semua kebutuhan dan menjaga keamanan keluarganya. Tidak hanya ayah dan ibu namun setiap anggota keluarganya harus lah bertanggung jawab minimal pada dirinya sendiri.
4.       Tanggung jawab kepada masyarakat
Untuk hal ini dapat dikatakan untuk seseorang yang memiliki jabatan , karena dia akan ditanggungkan oleh beberapa hal dalam hidupnya. Seperti menjaga keteraturan hal yang dijaganya, mengatur anakbuah nya, melaksanakan tugasnya dengan benar, dll. Untuk itu tidak mudah bagi seorang ketua atau pemimpin dalam melaksanakan tanggung jawabnya karena setiap hal yang dilakukan nya harus benar-benar diperhatikan dan dengan kesadaran penuh. Karena setiap resiko dan kesalahan biasanya seorang pemimpin yang harus menanggung bawahannya
5.       Tanggung jawab kepada negara
Sebagai warga negara yang baik , baiknya dia harus menjaga keamanan dan kesejahteraan negaranya. Tanggung jawab disini dapat berupa berpartisipasi dalam mengamankan lingkungan sekitar dari ancaman luar, dapat juga berupa berjuang dalam mempertahankan negara dari ancaman luar, berupa fisik maupun nonfisik.

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

ShoutMix chat widget

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | GreenGeeks Review