BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang
Kemajuan teknologi saat ini tidak bisa dipisahkan dari kehidupan masyarakat. Berbagai informasi yang terjadi di berbagai belahan dunia kini telah dapat langsung kita ketahui berkat kemajuan teknologi (globalisasi). Kalau dahulu kita mengenal kata pepatah ”dunia tak selebar daun kelor”, sekarang perkataan pepatah itu selayaknya berganti dunia selebar daun kelor. Karena cepatnya akses informasi di berbagai belahan dunia membuat dunia ini seolah semakin sempit dikarenakan kita dapat melihat apa yang terjadi di nagara lain, meskipun kita berada di Indonesia.
Tentu kemajuan teknologi ini menyebabkan perubahan yang begitu besar pada kehidupan umat manusia dengan segala peradaban dan kebudayaannya. Perubahan ini juga memberikan dampak yang begitu besar terhadap transformasi nilai-nilai yang ada di masyarakat. Khususnya masyarakat dengan budaya dan adat ketimuran seperti Indonesia. Saat ini, di Indonesia dapat kita saksikan begitu besar pengaruh kemajuan teknologi terhadap nilai-nilai kebudayaan yang di anut masyarakat, baik masyarakat perkotaan maupun pedesaan (modernisasi). Kemajuan teknologi seperti televisi, telepon dan telepon genggam (HP), bahkan internet bukan hanya melanda masyarakat kota, namun juga dapat dinikmati oleh masyarakat di pelosok-pelosok desa. Akibatnya, segala informasi baik yang bernilai positif maupun negatif, dapat dengan mudah diakses oleh masyarakat. Dan diakui atau tidak, perlahan-lahan mulai merubah pola hidup dan pola pemikiran masyarakat khususnya masyarakat pedesaan dengan segala image yang menjadi ciri khas mereka.
B. Batasan Istilah
Pengaruh teknologi yang dibahas oleh penulis dalam karya ilmiah/makalah ini adalah Hand Phone (HP).
C. Rumusan Masalah
Dalam makalah ini, penulis telah merumuskan beberapa masalah yang akan dibahas, sebagai berikut:
1.
Apa pengaruh perkembangan HP pada
perkembangan psikologi anak?
2.
Apa saja dampak dari pengaruh HP
pada perkembangan psikologi anak?
3.
Bagaimana cara pengawasan orang tua
pada anaknya dari pengaruh HP pada pendidikan anak?
4.
Bagaimana pendapat guru dan orang
tua siswa terhadap pengaruh HP pada perkembangan psikologi anak?
D. Tujuan
Adapun tujuan dari makalah ini adalah:
1.
Untuk mengetahui pengaruh perkembangan
HP pada psikologi anak.
2.
Untuk mengetahui dampak pengaruh HP
pada perkembengan sikologi anak.
3.
Untuk mengetehui bagaimana
pengawasan orang tua pada anaknya dari pengaruh HP pada pendidikan anak.
4.
Untuk mengetahui bagaimana pendapat
guru dan orang tua murid terhadap pengaruh HP pada perkembangan sikologi anak.
E. Kegunaan
1. Agar pembaca mengerti tentang dampak handphone
bagi pelajar
2. Sebagai bahan pegangan bagi siswa agar
menggunakan handphone sesuai dengan tempatnya
BAB II
LANDASAN TEORI
Definisi Handphone
Handphone
merupakan alat komunikasi yang bisa dibawa-bawa untuk menghubungkan seseorang
dengan yang lainnya ketika jarak jauh. Setiap orang sudah memiliki handphone,
dari anak kecil sampai orang tua, dari anak sekolah sampai orang yang sudah
kerja. Handphone sangat penting bagi kehidupan manusia dan sudah merupakan
bagian dari hidup mereka.
Handphone juga memiliki dampak yang
negatif bagi orang yang salah menggunakannya. Fasilitas gambar dan video pada
handphone sudah banyak disalahgunakan oleh segelintir pengguna untuk hal yang
negatif seperti pornografi.
Dikalangan siswa handphone sangat
bermasalah dalam proses belajar-mengajar. Disaat guru menerangkan siswa asyik
dengan handphone nya seperti : saling sms, main game, facebook, twitter,
chatting dan lain-lain, sehingga komunikasi pembelajaran terputus dengan guru.
Hal ini adalah
suatu masalah besar dalam dunia pendidikan dan penyebab kualitas pendidikan di
Indonesia menurun.
Hipotesis
·
Teknologi informasi dalam hal ini
penggunaan telepon selular tidak selalu memberikan dampak buruk pada
penggunanya,
·
Penggunaan terus menerus memang
dapat menyebabkan terjadinya kesalahan fungsi atas teknologi tersebut
BAB
III
A. Metode Penelitian
Populasi dan Sampel
1. Populasi adalah keseluruhan elemen
yang akan di jelaskan oleh seorang peneliti dalam penelitiannya.
Yang
menjadi populasi dalam pengambilan data adalah mahasiswa/I Universitas
Gunadarma
2. Sampel adalah perwakilan dari
populasi.
Yang
menjadi sampel dalam pengambilan data adalah Kelas KA08
C.
Waktu Pengamatan
Hari : Jum’at
Tanggal : 3 Januari 2014
D.
Daftar Pertanyaan
No
|
Pertanyaan
|
Ya
|
Tidak
|
1.
|
Apakah
anda mempunyai handphone
|
||
2.
|
Apakah
anda senang menggunakan handphone
|
||
3.
|
Apakah
handphone penting bagi anda
|
||
4.
|
Apakah
anda membawa handphone ketika anda ke sekolah
|
||
5.
|
Apakah
anda tidak bisa hidup jika jauh dari handphone sehingga anda membawanya ke
sekolah
|
||
6.
|
Apakah
anda sering smsan disaat jam pelajaran
|
||
7.
|
Apakah
disaat jam pelajaran anda sering menggunakan handset mendengarkan lagu
|
||
8.
|
Apakah
anda pernah usil menvideo / menfoto guru anda ketika sedang menjelaskan mata
pelajaran
|
||
9.
|
Apakah
di handphone anda terdapat film porno
|
||
10.
|
Apakah
anda setuju ada larangan membawa handphone ke sekolah
|
Instrumen
Penelitian
·
Ballpoint
·
Lembaran Angket
·
Laptop
·
Pengeras suara
Teknik
Menganalisis Data
Pengecekan keabsahan data
didasarkan pada kriteria deraja kepercayaan (crebility) dengan teknik
trianggulasi,ketekunan pengamatan, pengecekan teman sejawat (Moleong, 2004).
Triangulasi merupakan teknik
pengecekan keabsahan data yang didasarkan pada sesuatu di luar data untuk
keperluan mengecek atau sebagai pembanding terhadap data yang telah ada
(Moleong,200). Trigulasi yang digunakan adalah trigulasi dengan sumber, yaitu
membandingkan data hasil obserfasi, hasil pekerjaan siswa dan hasil wawancara
terhadap subjek yang ditekankan pada penerapan metode bantuan alat pada efektif
membaca .
Ketekunan pengamatan dilakukan
dengan teknik melakukan pengamatan yang diteliti, rinci dan terus menerus
selama proses pembelajaran berlangsung yang diikuti dengan kegiatan wawancara
secara intensif terhadap subjek agar data yang dihasilkan terhindar dari
hal-hal yang tidak diinginkan. Pengecekan teman sejawat/kolega dilakukan dalam
bentuk diskusi mengenai proses dan hasil penelitian dengan harapan untuk
memperoleh masukan baik dari segi metodelogi maupun pelaksanaan tindakan.
DAFTAR PUSTAKA
Florida, Monika. 1999. Ensiklopedia Populer Anak. Jakarta; PT Ichtiar Baru Van Hoeve.
Anonymous. 2010. pengaruh teknologi (HP) pada perkembangan psikologi anak.
(http://www.scribd.com/doc/32605728/Makalah-Pengaruh-Teknologi-Pada-Perkembangan-Psikologi-Anak),
diakses tanggal 12 Desember 2010.
Hermadi. 2009. Dampak HP bagi pelajar SMP.
Chandra Agus. 2010. psikologi perkembangan (http://www.beritanet.com/search.php), diakses tanggal 14 desember 2010.
http://nunu-nurulhidayati1995.blogspot.com/2012/12/karya-ilmiah-nilai-negatif-penggunaan.html
http://pakguruonline.pendidikan.net/datordik_6.html
0 komentar:
Posting Komentar