Rabu, 02 Juli 2014

Jaringan Komputer

Personal Area Network (PAN)

Personal Area Network, merupakan jaringan yang memiliki cakupan wilayah paling kecil dari jaringan yang ada, karena jaringan ini hanya memiliki batas cakupan sekitar 6-9 meter saja. Namun jaringan ini menjadi sangat berguna bila hanya digunakan untuk berbagi data antar komputer.

Local Area Network (LAN)

Local Area Network, adalah jaringan yang terbatas oleh wilayah yang relative kecil, seperti wilayah lingkungan di gedung perkantoran, kampus, dan sekolah. Yang biasanya terbatas pada jarang 10-300 meter. Kebanyakan LAN menggunakan media kabel sebagai penghubung antara satu komputer dan komputer lainnya,

Metropolitan Area Network (MAN)

Metropolitan Area Network, adalah versi LAN yang berukuran lebih besar dan juga memiliki infrastruktur yang hampir sama dengan LAN, namun ada perbedaan pada jaringan ini yaitu cakupan wilayah nya yang lebih luas meliputi antar gedung yang berada di kota yang letaknya berdekatan. Jaringan ini mampu menunjang kebutuhan data dan suara.

Wide Area Network (WAN)

Wide Area Network, merupakan jaringan yang memiliki cakupan wilayah paling luas dan sudah menggunakan teknologi wireless (tanpa kabel). Bukan hanya gedung dan kota yang saling terhubung melainkan meliputi cakupan wilayah negara.


Daftar pustaka :
Adethia. 2009. Perbandingan Media Transmisi Wireless dan Satelite. Palembang : Universitas Sriwijaya.

Aulia. 2009. Instalasi Jaringan Local Area Network (LAN) Berbasis Windows XP pada Warnet Barra. http://library.gunadarma.ac.id/epaper/detail/5686. (diakses tanggal 1 juli 2014)

Ihsan. 2014. Peranan Local Area Network Terhadap Motivasi Pembelajaran Jaringan Bagi Siswa SMK MANBAUL HUDA Cikajang-Garut. Bandung : Sekolah Tinggi Manajemen dan Informatika Jawa Barat

Ruswandi. 2012. Jaringan Komputer. http://agummm.blogspot.com/2012/12/contoh-makalah-jaringan-komputer.html.(diakses tanggal 1 juli 2014)


0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

ShoutMix chat widget

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | GreenGeeks Review