Jumat, 13 Januari 2012

masyarakat perkotaan dan pedesaan

Dalam artikel kali ini saya akan memberi tahu seperti apa masyarakat pedesaan dengan perkotaan, di tempat saya berada  terdapat beberapa pedesaan dan kota, kota cianjur adalah pusat nya dimana semua fasilitas seperti supermarket , pertokoan , masjid agung, alun-alun, tersedia. Masyarakat perkotaan pasti tidak bisa lepas dari ketergantungan atas semua fasilitas itu , apalagi sekarang maraknya teknologi yang sedang beredar di masyarakat . penggunaan teknologi informasi sangat jelas dan banyak di gunakan oleh masyarakat perkotaan karena kebutuhan berkomunikasi semakin meningkat seiring dengan perkembangan jaman yang semakin canggihnya alat komunikasi , sedangkan masyarakat pedesaan tidak semua orang menggunakan alat komunikasi dikarenakan ketidakmampuan seseorang untuk membeli alat tersebut , dan tidak hanya itu fasilitas seperti mall dan supermarket pun hampir tidak tersedia sehingga mereka terkadang pergi ke kota untuk membeli segala kebutuhan sehari-hari atau warung ( bagi yang membuka usaha ) .
Dengan perbedaan ini mereka dapat memanfaatkan keadaan , bahwa kebanyakan masyarakat pedesaan bermata pencarian petani , dan hasil tani nya itu di butuhkan oleh masyarakat perkotaan , sehingga orang kota akan pergi membeli kepada orang desa  untuk kebutuhan mereka, sebaliknya juga untuk memenuhi kebutuhan masyarakat desa , mereka pergi ke kota untuk membeli segala keperluan tani dan kehidupan sehari-hari . inilah yang di namakan dengan saling melengkapi satu sama lain. Dengan keadaan seperti ini keduanya akan tetap berjalan baik.
hanya saja perlu di perhatikan satu hal , perbedaan pendapat seringkali terjadi diantara dua kubu ini , bahkan terkadang toleransi atau tenggang rasa di antara kedua nya tidak ada sama sekali. Seperti contoh yang kita lihat , kebanyakan masyarakat kota membutuhkan lahan lebih untuk proyek baru katakanlah itu industri , sedangkan di kota mereka sudah tidak terdapat lagi lahan , maka mereka pasti membuka proyek tersebut di daerah pedesaan dan ini tentu sangat mengganggu masyarakat pedesaan , lahan mereka terganggu dan bahkan bisa terjadi keributan bilamana tidak bisa terselesaikan perkara nya . maka dari itu , sebaiknya setiap masyarakat harus memperhatikan satu sama lain , tumbuhkan tali silaturahmi , dan jalin lah hubungan yang baik .

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

ShoutMix chat widget

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | GreenGeeks Review